LCD TV berfungsi untuk menawarkan gambar yang lebih jernih serta tajam yang dapat di lihat oleh penonton, akan tetapi uang yang harus di keluarkan pun juga tidak sedikit. sehingga banyak orang yang tidak ingin mengganti televisi lama nya dengan televisi yang baru, karena terkendala pada biaya tersebut. Sehingga mencari tahu dalam perawatan televisi secara benar merupakan suatu pilihan yang banyak di lakukan oleh orang-orang yang menunda untuk membeli televisi baru.

Dalam merawat televisi pun juga tidaklah sembarangan. Karena ada trik-trik tertentu yang harus dilakukan agar perangkat maupun sistem yang ada pada televisi tidak terganggu. Sehingga Anda pun wajib mengetahui cara yang benar dalam melakukan perawatan, dan bukan dengan cara yang asal-asalan, karena melakukan cara yang tidak benar akan menyebabkan televisi Anda justru mengalami gangguan. LCD Televisi juga disebut juga sebagai LED Tv, dan hal ini sangatlah banyak ditemukan di pasar pada kalangan masyarakat.

Televisi yang awet merupakan televisi yang masih dapat ditonton dengan baik. Televisi yang digunakan secara terus menerus pun juga akan meredup, hal ini karena televisi sudah berusia tua sehingga lampu pada televisi akan mengalami aus. Lampu pada televisi memang pada umumnya menggunakan lampu putih, sehingga lampu tersebut tidak awet seperti lampu warna lainnya. Kebanyakan pada LCD TV menggunakan lampu putih, akan tetapi yang lainnya menggunakan lampu warna RGB, karena lampu tersebut jauh lebih awet.

Selain dalam hal memilih televisi dari segi lampunya, ada pula tata cara yang dapat Anda lakukan agar televisi yang Anda miliki dapat bertahan lama tanpa adanya gangguan. Yaitu sebagai berikut ini

  1. Matikan televisi apabila tidak ditonton. Hal yang satu ini akan dapat memperpanjang usia televisi Anda, selain itu juga dapat menghemat tagihan listrik dirumah Anda.
  2. Atur pada kecerahan warna layar televisi. Umur dari sebuah televisi adalah 60.000 jam. Sehingga dalam penggunaan televisi yang secara terus menerus dengan tingkat kecerahan yang tinggi akan dapat mempersingkat usia televisi, sehingga aturlah kecerahan televisi sesuai cahaya yang ada di ruangan.
  3. Aturlah pada kontras nya. Semakin tinggi pada kontras televisi, maka semakin tinggi pula daya yang digunakan.
  4. Gunakan regulator stabilizer/ voltage.

Dalam melakukan perawatan pada televisi agar mampu bertahan dengan usia yang tidak singkat pun sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan asalkan Anda dapat melakukannya dengan baik. Terutama dalam menjaga kondisi LCD TV agar tetap stabil meskipun televisi yang Anda miliki sudah berusia cukuplah tua, akan tetapi masih dapat ditonton dengan baik tanpa harus membuat mata sakit pada saat menontonnya.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *