Di era modern saat ini, tuntutan untuk hidup praktis semakin tinggi. Apalagi jika anda menjadi wanita karier sekaligus ibu rumah tangga, banyak sekali pekerjaan rumah yang sering menyita banyak waktu, salah satunya adalah menyuci. Pekerjaan ini sering sekali dikeluhkan ibu rumah tangga, apalagi jika cucian menumpuk dan tidak punya cukup waktu untuk mencuci, karena prosesnya lumayan lama. Dimulai dari perendaman, mengucek, membilas, menjemur, menyetrika, melipat dan memasukkannya kembali ke dalam lemari, tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hal ini tentunya menjadi topik tersendiri buat para pelaku bisnis. Mereka saling bersaing untuk mengeluarkan produk yang dapat membantu meringankan beban serta mengefisiensikan waktu dalam mencuci. Mesin cuci adalah jawaban praktisnya. Tapi tahukah anda bahwa tidak semua orang tahu bagaimana cara merawat mesin cuci. Bahkan sering diantara kita tidak membaca petunjuk pengoperasiaanya, sehingga membuat mesin cuci cepat rusak dan harus membeli lagi yang baru.

Baca Juga: Tips Ampuh Memperlakukan & Merawat Televisi LCD Dengan Benar

Berikut adalah tips untuk merawat mesin cuci agar tetap awet dan tahan lama.

  1. Jangan sering-sering membuka tutup mesin cuci apalagi jika proses penyucian sedang berlangsung.
  2. Sebelum memasukkan baju kotor ke mesin cuci, usahakan untuk mencek terlebih dahulu, saku-saku baju atau celana yang akan di cuci, jangan sampai ada sampah atau uang baik kertas apalagi koin yang ikut tercuci, karena ini akan membuat kotor, mengganggu dan menghambat pergerakan mesin cuci.
  3. Jangan memasukkan cucian kotor melebihi kapasitas yang disarankan. Bahkan parahnya lagi banyak diantara pengguna mesin cuci yang tidak mengetahui muatan kapasitas dari mesin cuci yang dimilikinya. Ini sangat berbahaya sekali karena cucian yang over load bisa merusak motor mesinnya. Jika cucian banyak bisa membaginya menjadi beberapa bagian. Jangan dijadikan satu.
  4. Jangan lupa untuk mengkibaskan pakaian kotor terlebih dahulu sebelum di cuci, agar pasir, debu apalagi kerikil tidak masuk dalam mesin cuci.
  5. Gunakan detergen khusus untuk mencuci, biasanya detergen ini mempunyai lebih banyak busa daripada detergen pada umumnya.
  6. Pisahkan tersendiri untuk baju yang mempunyai manik-manik atau berbahan khusus agar tidak mudah rusak, anda bisa menggunakan kantong kain khusus untuk baju-baju tersebut.
  7. Jauhkan mesin cuci dari jangkauan anak-anak.
  8. Jangan sampai menyemprotkan air ke control panel mesin cuci, karena hal ini bisa merusak panel sistem dari mesin cuci tersebut.
  9. Jangan meletakkan mesin cuci dari sinar matahari langsung, letakkan pada tempat yang teduh dan aman.
  10. Setelah melakukan penyucian, jangan lupa untuk mematikan mesin dan mencabut stop kontaknya.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam merawat mesin cuci serta lebih berhati-hati dalam penggunaanya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *