Televisi saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi dan hiburan dalam rutinitas sehari-hari. Teknologi televisi juga mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Saat ini banyak masyarakat yang memilih TV LCD untuk melengkapi perabotan rumah mereka. Televisi jenis ini menjadi pilihan masyarakat karena memiliki tampilan yang menarik yakni layar datar. Selain itu biasanya gambar yang dihasilkan juga lebih bagus dan nyata daripada televisi tabung. Televisi LCD ini terdiri dari bermacam-macam merek dengan berbagai ukuran dan harga yang dapat disesuaikan dengan kantong Anda.

Tips Merawat TV LCD Agar Awet Jangka Panjang

Bagi setiap rumah yang memiliki TV LCD biasanya masih bingung dengan perawatan apa saja yang harus dilakukan agar perangkat tersebut tetap enak di pandang mata sekaligus awet dalam jangka waktu yang cukup panjang. Meskipun jika dilihat dari segi harga yang tinggi belum menjamin pula televisi tetap awet. Maka wajib bagi Anda yang memilki televisi jenis LCD memperhatikan tips-tips berikut ini, antara lain:

Suhu AC

Anda yang memiliki TV LCD harus memperhatikan suhu AC dalam ruangan dikarenakan TV jenis LCD  dapat meningkatkan suhu udara. Sehingga pengaturan suhu AC sangat penting agar tidak mengganggu ketahanan perangkat LCD Anda.

Kebersihan Layar Televisi

Kebersihan dalam ruang TV Anda harus selalu diperhatikan dan dijaga karena layar TV LCD sangat rentan dengan debu dan cairan. Anda dapat melindunginya dengan tambahan screen protector. Anda dapat melakukan perawatan secara berkala misalnya satu minggu sekali. Usahakan untuk tidak sering mengelap layar televisi karena dikhawatirkan akan menggores layar sehingga menyebabkan penampilan perangkat tidak menarik dan mengganggu waktu menonton Anda di rumah.

Gunakan Kain Lembut dan Cairan Khusus

Saat Anda membersihkan layar televisi, jangan asal memakai kain lap karena dapat menggores layar Anda. Pastikan untuk menggunakan kain yang lembut, tipis dan bersih serta gunakan cairan khusus pembersih layar LCD. Selain itu pastikan untuk mematikan aliran listrik saat akan membersihkan layar sehingga keselamatan dan keamanan Anda terjaga.

Nyalakan Televisi Anda Seperlunya Saja

Menonton televisi memang salah satu kegiatan yang tidak akan membosankan karena terdapat berbagai macam channel yang dapat dipilih. Namun Anda juga harus mengontrol penggunaan televisi agar perangkat tersebut dapat memiliki umur yang lama. Hindari menyalakan TV LCD selama 24 jam nonstop meskipun memiliki merek bahkan harga selangit.

Waspada Saat Memindahkan Perangkat

Bagi Anda yang baru membeli TV LCD maupun sudah memilikinya dan ingin meletakkan atau pun memindahkannya di tempat lain, usahakan dilakukan dengan saat hati-hati. Hal tersebut dikarenakan televisi jenis LCD memiliki layar yang sangat rentan sehingga jika tergores sedikit saja akan menimbulkan gangguan saat Anda menonton.
Semoga berbagai tips di atas bisa membantu Anda untuk merawat televisi di rumah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *