Fotografi saat ini bukan hanya menjadi hobi mereka yang ada di kalangan menengah ke atas. Namun Saat ini fotografi telah menjadi kegemaran dari banyak kalangan. Tak dapat dipungkiri jika banyak juga fotografer profesional yang dulunya hanya seorang amatir yang hobi di dunia fotografi. Sebagai fotografer, menenteng perangkat kamera tentu sudah menjadi hal yang wajib mengingat kamera adalah senjata untuk menjepret semua momen yang ada. Salah satu merek yang populer di kancah fotografi adalah kamera Canon.

Canon adalah nama perusahaan Jepang yang memproduksi ragam produk elektronik dimana kualitasnya terkenal di dunia, termasuk dari produk kameranya. Tak heran jika kamera dari Canon dan juga aksesorisnya lebih banyak dipilih para penyuka fotografi. Jenis kamera Canon yang bisa dibilang paling laris di pasaran adalah DSLR. Hal ini bukan tanpa alasan, namun lantaran kamera DSLR Canon mampu menyuguhkan hasil foto maksimal. Untuk bisa memaksimalkan penggunaannya, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan: 

  • Pengaturan otomatis

Untuk Anda yang masih belum cukup menguasai teknik dasar untuk fotografi, maka Anda bisa memanfaatkan dengan maksimal menu otomatis. Umumnya untuk mode ini ada lambang yaitu persegi panjang pada tiap mode kameranya. Dengan adanya pengaturan otomatis ini, kamera telah diatur pada Aperture, ISO hingga exposure sehingga saat menangkap obyek, maka pengaturannya bisa disesuaikan dengan obyek.

  • Tombol shutter saat penentuan fokus

Bagi para pemula yang mengoperasikan DSLR, disarankan untuk memakai tombol shutter ini dengan dua langkah. Pertama, menekan setengah tombol shutter dulu lalu tunggu sampai lensa mampu menangkap ke titik fokus. Selanjutnya, tekan penuh sehingga fokusnya bisa lebih baik juga.

  • Pahami setiap menu-menu yang paling sering digunakan

Di setiap perangkat kamera DSLR, selalu ada menu yang kerap digunakan untuk memaksimalkan tangkapan diantaranya

  • Landscape: Pada menu ini dipakai mengambil pemandangan agar bisa menangkap hasil sempurna.
  • Portrait: Menu ini untuk memotret obyek foto orang dimana mode portrait ini lebih sering digunakan agar bisa mengatur warna kontras.
  • Close up: Menu ini dipakai apabila Anda mau mengambil gambar obyek kecil yang kemudian diperbesar.
  • Flash off: Anda bisa memakai mode ini ketika butuh flash dalam rangka mengambil gambar.
  • Sport: Digunakan khusus untuk obyek bergerak dimana mode ini adalah yang paling relevan.
  • Night portrait: Di kondisi pencahayaan minim seperti saat malam hari, Anda akan bisa memaksimalkan tangkapan gambar dengan mode ini.

Mengerti fungsi dan teknik secara keseluruhan tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar mengingat menu yang ada di kamera Canon dan teknik foto sangat banyak. Namun untuk pemula, semua teknik dasar tersebut setidaknya harus dikuasai.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *