Mencuci merupakan sebuah pekerjaan rumah tangga, yang biasanya dilakukan oleh para ibu rumah tangga sebagai rutinitas dalam keseharian mereka. Proses mencuci manual yang berat dan membutuhkan waktu lama ini, memang dapat menyebabkan kelelahan tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Untuk mengurangi beban pada ibu rumah tangga itulah, kini mesin khusus yang dapat digunakan untuk mencuci baju telah diciptakan. Mesin dengan teknologi tinggi tersebut, tidak hanya mampu meringankan beban kerja para ibu rumah tangga, namun juga mampu mempersingkat waktu pengerjaan cucian mereka, sehingga sisa waktu yang ada pun dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya. Mesin yang biasa disebut dengan mesin cuci ini memiliki beberapa teknologi lain yang dapat digunakan untuk lebih mempermudah pekerjaan keseharian para ibu rumah tangga.

Untuk dapat menggunakan mesin khusus untuk mencuci ini, para ibu rumah tangga haruslah memahami beberapa pengaturan tombol yang ada dalam mesin tersebut, dan wajib menggunakannya sesuai dengan aturan yang pemakaian yang tepat. Selain untuk menjaga fungsi dari berbagai panel dalam mesin agar dapat bekerja dengan optimal, penggunaan mesin sesuai dengan aturan juga dapat membuat mesin menjadi awet dan tahan lama untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut ini beberapa aturan yang biasanya diterapkan dalam pemakaian mesin cuci, yang memang harus diperhatikan oleh para ibu rumah tangga, sebagai pengguna utama didalamnya, yang antara lain adalah:

  • Gunakan mesin khusus untuk mencuci tersebut, hanya untuk pakaian yang memang benar-benar dianjurkan untuk dicuci dengan menggunakan mesin. Jika memang pakaian tidak dianjurkan untuk dicuci dengan menggunakan mesin dan Anda tetap memaksanya, maka selain dapat menyebabkan kerusakan pada pakaian tersebut, mesin pun tidak dapat berfungsi dengan optimal.
  • Gunakan mesin untuk mencuci pakaian dalam jumlah dibawah batas maksimal penggunaan mesin, agar nantinya mesin tidak bekerja terlalu berat. Mesin yang bekerja dengan terlalu berat, dapat menyebabkan mesin menjadi cepat rusak.

Selain hal tersebut diatas, yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan mesin ini adalah daya listrik dalam rumah Anda, pastikan bahwa daya dan voltase listrik dalam rumah Anda sesuai dengan aturan penggunaan yang tercantum dalam mesin tersebut. Penggunaan mesin pada voltase yang tidak tepat, dapat menyebabkan terjadinya konsleting pada bagian tertentu pada mesin. Sedangkan daya yang tidak sesuai akan dapat menyebabkan mesin sering mati yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Gunakan mesin cuci sesuai dengan aturan yang tercantum pada buku panduan penggunaan mesin. Cabutlah sambungan mesin dengan arus listrik utama, ketika mesin tidak sedang Anda gunakan, agar mesin tidak terus teraliri dengan arus listrik, yang dapat menjadikan mesin menjadi cepat panas. Bersihkan mesin setelah Anda gunakan, dan pastikan mesin dalam keadaan kering ketika Anda tidak menggunakannya kembali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *