Kipas angin sudah menjadi barang yang selalu ada di kamar, apalagi untuk anak kost yang merantau. Kipas angin berfungsi untuk menghilangkan panas yang mendera di dalam kamar. Angin yang dihembuskan bisa membuat aliran udara di dalam kamar menjadi lebih lancar, selain itu angin sejuk yang dihasilkannya membuat penat seharian terkikis dengan cepat.

Tips Service Elektronik Perawatan Kipas Angin agar Tahan Lama

Namun tidak jarang hembusan angin yang dikeluarkan menjadi lebih lambat dan akhirnya lama kelamaan kipas angin mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan lagi. Cara tercepat untuk memperbaikinya adalah dengan service elektronik dengan harapan bisa bekerja seperti semula. Berikut adalah tips-tips merawat agar kipas Angin bisa bertahan lebih lama dan hembusan anginnya tetap lancar, antara lain:

  • Matikan ketika tidak digunakan

Banyak orang mengabaikan hal ini dan memilih selalu menyalakan kipas angin dengan dalih bahwa mereka pergi untuk sebentar saja. Sama seperti alat elektronik lainnya, kipas angin memiliki masa pemakaiannya yang terhitung melalui jumlah jam yang telah dilaluinya. Dengan Anda selalu menyalakan kipas Angin membuat sisa usia pemakaian semakin berkurang. Apalagi tagihan listrik Anda akan semakin membengkak jika Anda melakukannya dalam waktu yang lama.

  • Bersihkan kipas angin

Service elektronik yang kedua adalah membersihkannya secara teratur. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kipas secara rutin. Kipas angin yang selalu digunakan akan mendapat kotoran pada bagian kipasnya. Jika Anda membiarkan hal ini berlangsung lama dan tidak membersihkannya, maka debu-debu yang ada akan semakin menebal dan merusak mesin kipas angin.

  • Hindari air

Sama seperti alat elektronik lain, Kipas angin perlu memiliki jarak yang jauh dengan air. Jika sedikit air yang terkena mungkin tidak akan menjadi masalah, namun jika air yang mengenai kipas angin banyak akan membuat mesin kipas angin mengalami konsleting dan akhirnya kipas angin pun rusak.

  • Jangan perlakukan dengan kasar

Kipas angin memerlukan perawatan yang lembut. Ini disebabkan karena beberapa komponen yang ada di dalamnya merupakan komponen yang sensitif dan memerlukan perlakuan yang lembut.

  • Perhatikan kabel

Jangan menempatkan kebel kipas angin pada sembarang tempat. Pastikan kebel yang ada berada di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak ataupun hewan pengerat. Jangan sampai kabel yang ada digigit oleh tikus karena itu akan membuat kinerja dari kabel menjadi tidak baik. Hindari kabel yang terkelupas dan yang sudah gosong. Jika ada kabel yang seperti itu sebaiknya langsung diganti sesegera mungkin agar kipas tidak mengalami kerusakan yang lebih besar.

Service elektronik untuk perawatan kipas angin memerlukan ketelitian dan kecematan. Jika Anda tidak merawatnya secara rutin maka bisa saja kerusakan-kerusakan bisa terjadi seperti kipas yang lambat atau macet saat digunakan. Pastikan Anda selalu merawat barang kesayangan Anda dengan tekun termasuk kipas angin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *