Hampir setiap rumah sekarang ini sudah menggunakan AC atau air conditioner sebagai cara untuk membuat udara yang ada di ruangan menjadi lebih sejuk dan tidak membuat para penghuninya merasa gerah pada saat berada di ruangan. Cuaca yang panas memang sering kali menjadikan para masyarakat membutuhkan AC sebagai cara untuk mengatasi cuaca yang panas. Karena harga AC itu sendiri pun juga sangat beragam, maka hal ini pun menjadikan para masyarakat tertarik untuk memasang AC di rumahnya.

Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Air Conditioner Lebih Hemat

Dengan suhu udara yang sejuk di ruangan, maka hal ini pun menjadikan para penggunanya merasa lebih nyaman dan betah selama berada di rumahnya. Akan tetapi dibalik dari kenyamanan ini pun sering kali menjadikan para masyarakat merasa boros dalam penggunaan AC. Sedangkan dalam hal penggunaan AC tentunya harus diperhatikan dengan baik agar penggunaannya tidak boros dan tentunya akan menjadikan tagihan listrik Anda menjadi lebih menghemat.

Sedangkan untuk menghemat AC pun juga sangatlah mudah untuk Anda lakukan asalkan Anda mengetahui pada beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini yang akan menjadikan diri Anda menjadi lebih leluasa dalam melakukan cara yang tepat dan akan menjadikan diri Anda tidak akan membuang-buang banyak dana untuk membayar tagihan listrik karena penggunaan AC atau air conditioner yang boros.

Berikut ini cara yang dapat untuk Anda lakukan:

  • Jangan setel suhu dibawah 22.

Sebaiknya Anda menyetel remote AC pada suhu 22, jika Anda menyetelnya pada suhu 16 maka kompressor AC terus bekerja dan menjadikan kompressor tidak beristirahat, sehingga menjadikan kompressor memiliki umur yang lebih pendek. Apabila Anda menyetelnya dengan suhu minimum 22, maka akan menjadikan AC lebih menghemat dan lebih awet.

  • Pilih PK AC sesuai kebutuhan ruangan.
  • Untuk 1/2PK = 5000 Btu/h atau ukuran ruangan 10m2.
  • Untuk 3/4PK = 7000 Btu/h atau ukuran ruangan 14m2.
  • Untuk 1PK = 9000 Btu/h atau ukuran ruangan 18m2.
  • Untuk 1 1/2PK = 12000 Btu/h atau ukuran ruangan 24m2.
  • Untuk 2PK = 18000 Btu/h atau ukuran ruangan 36m2.
  • Cuci AC secara rutin.

Mencuci AC secara rutin juga perlu, paling tidak 3 bulan sekali, karena kondisi AC yang kotor membutuhkan kerja yang ekstra dalam mendinginkan ruangan sehingga menjadikan AC bekerja lebih keras lagi.

Masih ada banyak langkah yang dapat untuk Anda lakukan dalam melakukan cara agar AC atau air conditioner dapat lebih menghemat dan tentunya mampu bertahan lebih lama lagi, sehingga Anda pun dapat menerapkan pada beberapa ulasan penting yang ada di atas yang akan sedikit membantu diri Anda agar bisa menjaga AC supaya dalam kondisi yang awet.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *