Agar ruangan di dalam rumah terlihat lebih lapang dan luas, ada banyak trik yang bisa anda coba. Mulai dari pengaturan warna, peletakan furniture, dan lain-lainnya termasuk penggunaan bohlam dalam setiap ruangan. Setiap ruangan yang berukuran kecil, jika mendapatkan pencahayaan yang terang akan tampak lebih lapang. Baik itu pencahayaan alami maupun buatan, cahaya yang terang akan membuat kesan terbuka yang membuat ruangan menjadi lebih lapang. Jika anda ingin menggunakan cahaya buatan, anda bisa menggunakan downglight. Nah berikut ini beberapa trik agar buat rumah terlihat lapang dengan lampu downlight.

Trik Buat Rumah Terlihat Lapang Dengan Menggunakan Lampu Downlight

  • Pilih Lampu Downlight LED

Trik pertama yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan LED model downlight. Jenis ini lebih mudah dipasang sehingga anda tidak perlu rumit melakukan penyesuaian saat renovasi rumah. Dan tak hanya itu, keunggulan lainnya adalah pada tingkat pencahayaan yang beragam yang dapat disesuaikan dengan masing-masing ruangan. Keunggulan lainnya adalah lampu downlight LED ini tidak membutuhkan banyak energi sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya listrik yang banyak.

  • Tata Pencahayaan Agar Menyebar Hingga Ke Seluruh Ruangan

Karena downlight hanya menyorot ke satu area saja, sehingga membuat efek ruangan akan semakin penuh. Untuk menyiasatinya, anda bisa memasang beberapa downlight yang disusun dengan pola merata. Nantinya cahaya akan menyebar hingga ke seluruh ruangan yang membuat efek ruangan akan semakin luas. Namun tentu saja pemasangan konstelasi lampu tidak dapat sembarangan. Jika pemasangan terlalu sporadic, maka hasil cahaya akan berantakan. Namun jika terlalu tertata dan simetris, akan menghasilkan pencahayaan yang seakan seperti pencahayaan di bandara.

  • Gunakan Teknik Wall Washing

Teknik wall washing akan mudah dilakukan dengan cara membuat fokus cahaya pada fitur-fitur di dalam ruangan. Salah satunya dengan mengarahkan cahaya pada dinding. Tak hanya akan membuat ruangan terkesan rapi, namun juga akan membuat cahaya lebih menyebar merata pada ruangan yang sempit. teknik ini akan menciptakan ilusi ruangan yang menjadi lebih luas

  • Pilih Trim Yang Sesuai Dengan Cahaya dan Ruangan

Anda juga bisa menggunakan trik dengan menggunakan trim yang sesuai dengan ruangan dan cahaya. Jenis trim ada bermacam-macam desainnya dan dapat anda sesuaikan dengan tipe rumah dan pencahyaan yang diinginkan.

  • Gunakan Teknik Grazing

Teknik ini membantu menonjolkan tekstur dinding , khususnya jika dinding ruangan anda terbuat dari kayu atau batu bata. Untuk efek ini, anda bisa mencoba membuat jarak pemasangan antara dinding dan lampu menjadi lebih dekat. Buat layer pencahayaan dengan menggunakan berbagai tipe, sehingga mencegah agar tidak ada area gelap di dalam ruangan.

  • Pastikan Pemasangan Diletakkan Di Sudut Ruangan

Selain memastikan jika pemasangan merata di bagian plafon, anda juga perlu memastikan jika pemasangan berada di sudut ruangan  jika pencahayaan hanya fokus di tengah ruangan, maka pencahayaan akan terlihat suram dan ruangan menjadi lebih sempit.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *