Di zaman yang serba modern seperti saat ini, memang kemudahan dan kepraktisan menjadi hal yang amat diagungkan. Ya, dengan semua jenis teknologi yang ada, masyarakat secara luas kini bisa melakukan apa saja dengan mudah. Salah satu hiburan yang amat difavoritkan adalah musik. Ya, hampir semua orang suka musik. Selain ponsel, Anda pun bisa mendengarkan musik favorit dari perangkat MP3 player.

Sudah banyak sekali perangkat MP3 yang tersedia di pasaran dimana dipasarkan dengan harga yang murah, desain yang menarik serta kapasitasnya yang kian lama kian besar. Namun jangan hanya memilih perangkat MP3 dari segi fisik saja karena Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum membeli satu perangkat MP3 tertentu, diantaranya:

  • Kompabilitas ke komputer

Saat ini, hampir semua perangkat teknologi sudah wajib bisa disambungkan ke komputer. Hal ini lantaran pentingnya konektivitas tersebut. Tak heran jika untuk memilih perangkat MP3 terbaik, maka Anda juga harus memikirkan kompabilitasnya ke komputer. Perangkat MP3 yang harus Anda miliki adalah dengan USB sehingga semua perangkat pemutarnya bisa diajak kerja sama di sistem Windows. Namun jika Anda merupakan pengguna Mac, maka harus memilih perangkat MP3 terkhusus.

  • Media penyimpanan

Jangan lupa terkait media penyimpanan yang ada di dalam perangkat MP3 Player. Terdapat beberapa media simpan di dalam perangkat MP3. Ada Hard Drive dimana kapasitasnya sangat besar yakni hingga mencapai 100 GB. Meski besar, namun kadang perangkat ini tak tahan pada goncangan sehingga mudah rusak. Ada juga Flash Drive tapi penyimpanannya amat terbatas yakni hanya maksimal 2 GB. Ada juga micro hard drive dimana ukurannya amat kecil. Kapasitas maksimal hingga saat ini adalah 6 GB.

  • Baterai

Baterai yang dipakai dalam perangkat MP3 adalah baterai jenis rechargeable dimana jika baterai habis, maka bisa diisi kembali. Namun baterai seperti ini sulit diganti mandiri sehingga ketika nantinya rusak, maka perlu bantuan teknisi dalam penggantiannya. Dari segi baterai sendiri Anda perlu mempertimbangkan kapasitas baterainya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan lama pemakaian secara umum.

  • Layar

Setiap perangkat MP3 dibekali dengan layar. Kini sedang tenar layar OLED di perangkat MP3. Namun perlu diketahui jika layar seperti ini cukup membuat baterai jadi boros. Jadi, untuk jalan tengahnya Anda bisa memilih layar LCD. Ukurannya pun bisa sesuai dengan media simpannya biasanya antara 2,5 inci atau 1,5 inci.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli perangkat MP3. Saat ini sudah tersedia ragam harga MP3 Player di pasaran. Untuk yang termurah bahkan Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *