Lemari es menjadi benda yang sangat dibutuhkan di era modern seperti saat ini. Kebutuhan akan kulkas pun kian hari kian meninggi. Hal ini lantaran fungsi kulkas yang bisa sebagai media simpan ragam jenis makanan sehingga makanan pun bisa awet. DI masyarakat sendiri banyak yang menganggap jika kulkas ini jadi benda yang boros listrik pada penggunaannya. Pada dasarnya hal ini memang benar, namun juga tidak selalu demikian karena boros atau tidaknya penggunaan kulkas sendiri adalah bergantung dari pemakaian Anda.

Mengingat kini tarif listrik kian meningkat, maka tak heran jika banyak sekali masyarakat yang berusaha untuk bisa menghemat listriknya sebisa mungkin. Hal ini lantaran listrik cukup memegang andil besar dalam pengeluaran rutin bulanan. Jika Anda sedang mengusahakan penghematan listrik, maka pemakaian kulkas pun juga perlu diatur dengan cara berikut ini:

  • Perhatikan penempatannya

Ada baiknya jika kulkas tidak ditempatkan di posisi yang mudah terkena sinar matahari secara langsung. Yang perlu diperhatikan juga adalah kulkas juga tidak sebaiknya diletakkan menempel di dinding. Hal ini lantaran agar Anda bisa mendapatkan ruang udara untuk sirkulasi. Untuk jarak ideal antara kulkas dengan dinding adalah sekitar 10 sampai 15 cm. Jangan lupa dengan jarak langit-langitnya dimana yang ideal adalah sekitar 30 cm. Jauhkan juga kulkas dari kompor, oven sampai semua benda yang bisa menghasilkan panas.

  • Perhatikan suhu di kulkas

Pengaturan suhu kulkas juga amat penting sehingga menjadikan suhu di dalamnya bisa stabil. Aturlah suhu di dalam kulkas sehingga tidak terlalu rendah. Hal ini akan membuat kompresor bergerak. Untuk suhu yang ideal pada kulkas adalah 2 sampai 4 derajat, sedangkan pada bagian pembekunya suhu yang direkomendasikan adalah sekitar minus 15 derajat.

Baca Juga:Cara Membersihkan Lemari Es dengan Tepat Agar Terjaga Kehigienisannya

  • Atur isi kulkas

Lemari es tentu seringkali penuh dengan segala isian. Banyak yang berfikir jika kulkas yang terisi justru bisa membuat boros listrik padahal tidak demikian. Jika kulkas sering kosong atau jarang isi, maka hal ini tidak baik. Namun terlalu banyak makanan di dalamnya pun juga tidak baik jadi aturlah isi kulkas. Anda juga tidak disarankan untuk mengisi kulkas dengan makanan atau minuman yang masih dalam kondisi panas karena menjadikan kompresor kerja begitu keras dan menyedot listrik.

Itulah beberapa cara sehingga bisa menjadikan kulkas lebih hemat energi. Tentunya Anda juga harus mengajak seluruh keluarga dalam penghematan ini karena tidak bisa dilakukan sendiri. Selain itu dalam penggunaan lemari es juga harus tertib dalam artian tidak boleh sering membuka tutupnya. Hal ini lantaran kulkas akan terus menerus bekerja keras menstabilkan ruangan dalam kulkas ketika setelah pintu dibuka.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *