Untuk mendapatkan air minum dengan mudah dan sistem yang cepat, pada umumnya peralatan ini selalu digunakan baik dalam sebuah rumah tangga ataupun tempat lainnya. Alat elektronik yang biasanya difungsikan untuk menghasilkan air biasa, dingin ataupun air panas ini memang sangat bermanfaat dalam mempersingkat waktu untuk memperoleh air bersih yang dapat dikonsumsi. Ya, dispenser merupakan alat elektronik yang biasanya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan air minum dengan cepat dan mudah, baik dalam kondisi dingin ataupun panas. Alat elektronik ini sendiri memiliki berbagai bagian yang tentunya harus kita ketahui, agar dapat menggunakannya dengan tepat. Berikut ini beberapa bagian dari alat elektronik penghasil air minum ini yang memang perlu Anda ketahui fungsinya:

Ulasan Seputar Fungsi dan Bagian dari Dispenser

  • Kran

Bagian ini merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai pembuka aliran air minum yang akan kita pilih. Pada umumnya bagian kran ini akan dihadirkan dalam beberapa jumlah dalam setiap alat elektronik penghasil air minum tersebut. Kran ini biasanya akan terdapat pada bagian depan bawah mesin, sehingga akan lebih memudahkan para penggunanya dalam mengambil air dari mesin tersebut. Warna masing-masing kran ini akan berbeda dan biasanya banyak dimunculkan dengan warna merah untuk air panas dan biru untuk air dingin. 

  • Thermodis

Bagian kecil dari sebuah alat penghasil air minuman ini, memang sekilas tidak memiliki fungsi yang cukup signifikan. Namun tahukah Anda bahwa alat ini akan memiliki fungsi sebagai pemutus dan penyambung arus listrik untuk menghasilkan panas pada mesin tersebut. Part inilah yang dapat membuat mesin dispenser dapat menghasilkan panas air secara otomatis, dimana jika memang mesin telah memiliki suhu panas terlalu tinggi, maka bagian ini akan segera memutuskan aliran listrik sehingga suhu panas dalam mesin dapat terjaga dengan baik. 

  • Keramik pendingin

Alat yang satu ini memiliki fungsi kebalikan dari thermodis, dimana bagian ini jika dialiri dengan arus listrik, maka mampu menghasilkan suhu dingin pada mesin. Keramik pendingin yang menempel pada tank pendingin mesin, maka akan menghasilkan suhu dingin pada ruangan tersebut, sehingga air yang berada dalam tank tersebut pun juga akan menjadi dingin ketika dikeluarkan dari tank, melalui kran yang terdapat pada mesin.

Selain bagian tersebut diatas, pada mesin ini sebetulnya masih terdapat beberapa part yang memang memiliki fungsi cukup signifikan dalam sistem kerja dari mesin penghasil air minum tersebut. Part seperti kipas angin kecil, kompresor dan dinamo akan terdapat dalam mesin tersebut. Namun dalam penggunaan mesin penghasil air minum ini sendiri, part tersebut tidak akan bersentuhan secara langsung dengan para penggunanya, sehingga tidak akan terlihat dari luar. Part ini biasanya hanya akan diketahui oleh para teknisi dispenser yang memang sering melakukan perbaikan dari mesin penghasil air minum ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *