Internet merupakan kebutuhan untuk semua orang di masa kini. Tak melulu sebagai media komunikasi saja, namun internet juga merupakan media untuk banyak hal masa kini sehingga hidup terasa lebih mudah. Lihat saja perubahan yang ada setelah hadirnya internet mulai dari belanja secara online, transaksi keuangan secara online, bekerja pun bahkan bisa secara online. Memang dapat diakui jika internet sudah masuk ke sendi kehidupan manusia. Jika Anda adalah pengguna aktif internet, maka pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya Wifi. Namun bagaimana dengan Mifi? Harga Mifi di pasaran juga kini sudah banyak dijual bebas.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang belum begitu tahu tentang Mifi ini. Mifi adalah nama untuk perangkat mobile yang dipakai sebagai Wifi Hotspot. Mifi ini merupakan singkatan dari Mobile Wifi. Belakangan ini Mifi banyak sekali diperdengarkan di iklan-iklan. Mifi ini adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membagi layanan internet dimana nantinya akses itu akan bisa disebar ke perangkat penerima Wifi yang lain misalnya ponsel hingga komputer. Dengan cara ini, maka Anda akan bisa terhubung dengan internet selalu. Umumnya Mifi ini dipasang di rumah-rumah dengan pengguna internet yang cukup banyak.

Pertama kalinya Mifi ini diperkenalkan oleh Novatel Wireless di tahun 2009 yang lalu dan dilakukan peluncuran di Amerika Serikat. Untuk sumber layanan dari internetnya, Mifi ini bisa didapat dari berlangganan ke provider layanan internet serta telekomunikasi seluler. Jika dilihat kembali, sebetulnya Mifi ini mirip sekali dengan fitur Hotspot portable yang ada di ponsel. Tentu Anda mempertanyakan kembali, jika memang fungsinya sama maka buat apa beli Mifi?

Baca Juga: Kisaran Harga Mifi dan Tips Pemilihan dalam Memilihnya

Memang hampir sama, namun Mifi ini memiliki beberapa kelebihan lain yang ditawarkannya. Harga Mifi ini juga tidak begitu murah. Perbedaannya adalah jika di ponsel Wifi Hotpot-nya bekerja memakai resource hardware bersama aplikasi lain, maka otomatis baterainya akan lebih cepat habis dan kerapkali ponsel akan terasa panas. Namun berbeda dengan Mifi dimana di perangkat ini untuk berbagi koneksi internetnya dapat dilakukan dengan leluasa lantaran sengaja khusus dibuat sebagai Wifi Hotspot.

Mifi cocok dipakai di sebuah rumah dengan pengguna internet banyak tapi tidak ingin memakai layanan internet kabel seperti yang sudah ada pada umumnya. Pemakaian Mifi juga lebih mudah karena bisa dipakai dengan memasang kartu SIM lalu berlangganan paketan internet seperti penggunaan pada ponsel biasa mulai dari harian, mingguan sampai bulanan. Kini Mifi ini sudah sangat mudah ditemukan dimana tersedia dengan ragam merek yang bisa dipilih. Untuk harga Mifi sendiri beragam mulai dari yang murah sampai mahal. Untuk harga termurah bisa didapat dengan 200 ribuan dan termahal sampai jutaan rupiah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *