Virtual reality merupakan salah satu teknologi tercanggih dalam dunia komputer, dimana para pengguna teknologi tersebut, akan dapat melakukan interaksi dengan berbagai hal secara langsung dalam dunia maya, seolah-olah para pengguna berada dalam lingkungan dunia maya tersebut. Teknologi yang biasa disebut dengan VR atau realitas dunia maya, ini memungkinkan para pengguna untuk merasakan berbagai sensasi yang ditawarkan dalam bentuk 3 dimensi, tanpa harus terjun secara langsung pada tempat dan situasi tersebut, hanya dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang satu ini, para pengguna dunia maya dapat merasakan sensasi tersebut secara lebih nyata.

Kecanggihan dalam dunia teknologi komputer ini, kini pun banyak dimanfaatkan sebagai alat bantu penelitian ataupun praktek dalam bidang lainnya. Bidang kedokteran, pendidikan, arsitektur, militer bahkan dunia hiburan pun turut menggunakan kecanggihan teknologi ini, untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja para awak yang terlibat didalamnya. Dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh VR ini, para pelaku dunia kerja, akan dapat melakukan penelitian secara lebih detail dan mendalam, pada objek-objek penelitian yang mereka miliki, karena VR ini akan menampilkan berbagai sudut dari objek penelitian sesuai dengan realitasnya.

Teknologi realitas dunia maya inipun, akan dapat memberikan efek 3 dimensi sesuai dengan keadaan real, yang tidak hanya melibatkan indera pendengaran dan penglihatan saja, namun indera lain pun akan dapat turut merasakan sensasi 3 dimensi, jika memang teknologi ini digunakan dengan melibatkan beberapa perlengkapan dan peralatan khusus dalam pengaksesannya. Perlengkapan khusus yang biasa digunakan dalam teknologi virtual reality ini, antara lain adalah

  • Helm.
  • Walker.
  • Headset.
  • Sarung tangan.
  • Suit

Perlengkapan khusus ini biasanya akan diwajibkan untuk digunakan oleh para user, agar dapat merasakan sensasi 3 dimensi, pada semua indera secara lebih nyata dan menyeluruh.

Baca Juga: Tak Hanya Sarana Hiburan, Virtual Reality Juga Banyak Dimanfaatkan untuk 5 Bidang Ini

Teknologi VR ini, pada mulanya hanyalah sebuah prototype yang diciptakan oleh Morton Heilig, dengan label Senosorama. Prototype ini diciptakan dengan tujuan untuk merasakan sensasi real, ketika seseorang menonton sebuah film, teknologi ini sendiri di Indonesia lebih dikenal dengan teknologi 3 dimensi. Prototype ini kemudian dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan hingga terciptalah teknologi realitas dunia maya yang satu ini.

Teknologi virtual reality ini bahkan kini telah merambah dan banyak diincar oleh para pelaku usaha dengan basis komputer didalamnya. Bahkan kini para vendor smartphone pun turut membesutkan teknologi yang satu ini pada jenis-jenis tertentu produk yang mereka luncurkan dipasaran. Pemanfaatan teknologi realitas dunia maya ini, memang akan dapat memberikan manfaat dan sensasi yang luar biasa bagi mereka yang memang tergolong sebagai penggemar film ataupun game, sehingga sangatlah wajar jika VR sekarang banyak dijadikan sebagai daya tarik khusus dalam penjualan berbagai produk elektronik berbasis komputer.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *