Sekarang internet menjadi kebutuhan utama masyarakat modern. Apalagi akses internet sudah bisa dilakukan melalui perangkat mobile (smartphone) yang tersambung dengan koneksi internet. Dengan demikian memungkinkan kita untuk mengakses internet di mana saja. Bahkan Anda sudah tidak perlu menggunakan wifi router karena wifi portable sudah bisa menggunakan smartphone.

Untuk mengeahui seputar smartphone yang dijadikan hotspot wifi portable, terlebih dulu simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Tethering Dan Wifi Router Atau Hospot

Wifi merupakan singkatan dari keneksi wireless, umumnya menggunakan standar 802.11b, g, n dan a. Sedangkan yang dimaksud dengan wifi router, wifi hotspot dan teathering wifi adalah sebagai berikut:

  • Wifi Router adalah wifi yang disambungkan ke perangkat yang digunakan. Setiap perangkat yang terhubung ke wifi router dapat mengakses internet, baik melalui kabel atau wireless.
  • Wifi Hotspot adalah wifi public artinya bisa digunakan oleh siapapun (masyarakat). Jika Anda menemukan free hostpot di café, artinya café tersebut menggunakan wifi router yang digunakan untuk umum. Biasanya menggunakan password untuk masuk ke jaringannya.
  • Tethering Wifi adalah koneksi internet dari smartphone yang dijadikan wifi router. Bisa dari smartphone atau laptop, dari bentuknya tidak mirip wifi router namun fungsinya sama.

Wifi Teathering Fasilitas Portable Pada Smartphone

Pada smartphone android terdapat fitur teathering atau disebut juga dengan istilah wifi hotspot/ portable hotspot. Manfaat utamanya adalah sebagai berikut:

Semua perangkat, seperti smartphone, laptop atau komputer bisa terhubung dengan teathering dengan catatan perangkat tersebut menemukan sinyal Wifi dari smartphone yang dirubah menjadi hotspot portable.

Tethering Atau Portable Wifi

Teathering merupakan fitur smartphone android sebagai portable hotspot. Tethering menjadikan smartphone android sebagai wifi atau gateway sebagai koneksi internet. Dengan adanya fitur ini, kita dapat membuka akses dari komputer atau laptop ke smartphone tanpa harus menggunakan wifi biasa. Menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak memiliki perangkat wifi di rumah atau kantor.

Tentu saja hal ini membuat lebih praktis karena selain sebagai perangkat yang digunakan untuk kegiatan berselancar di dunia maya, smartphone android bisa sekaligus dijadikan wifi hotspot. Caranya sangat mudah tinggal setting tethering menjadi aktif. Setelah itu smartphone tersebut dapat diakses oleh smartphone lain, komputer atau laptop yang akan menggunakan teathering.

Kesimpulannya, sekarang untuk mengakses internet diperangkat komputer atau laptop sudah bisa menggunakan smartphone android milik Anda yang dijadikan wifi portable tanpa harus menggunakan wifi router. Dengan demikian Anda bisa berbagi koneksi internet dengan keluarga atau teman. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *